***

Kapsul Soyuz Antar Tiga Astronot Pulang


Setelah setengah tahun tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional, tiga astronot akhirnya kembali ke Bumi dengan selamat, Minggu, 1 Juli 2012. Tiga astronot ini pulang dengan sebuah kapsul ruang angkasa buatan Rusia.

Pesawat ruang angkasa, Soyuz, mendarat di stepa di sebuah wilayah Asia Tengah, tepatnya di negara Kazakhstan pada 4:14 EDT (04.14 GMT). Soyuz membawa astronot NASA Don Pettit, kosmonot Rusia Oleg Kononenko, dan astronot Belanda Andre Kuipers kembali ke planet asal mereka.

"Semuanya baik. Kami merasa hebat," ujar Kononenko di radio Mission Control Center Russia, sesaat sebelum mendarat.

Kapsul Soyuz mendarat di sebuah stepa di Kazakhstan.



Para penjelajah ruang angkasa tersebut telah dipindahkan dari stasiun ruang angkasa beberapa jam sebelum pesawat ruang angkasa buatan Rusia Soyuz TMA-03M untuk memulai perjalanan pulang. Mereka mendarat di bawah langit biru yang dihiasi dengan beberapa awan putih di langit Kazakhstan, di  mana waktu setempat sudah masuk hari Minggu sore.

Pettit, Kononenko dan Kuipers tiba di pos terdepan yang mengorbit pada bulan Desember 2011. Ketiganya telah terbang dalam misi sebelumnya ke stasiun ruang angkasa, membuat mereka menjadi awak space flyers veteran.

Dalam posting blognya, Pettit menggambarkan hari terakhirnya di ruang angkasa. Ia merefleksikan dampak dari misi bulannya yang panjang. Pettit juga mendorong umat manusia untuk terus menembus batas-batas eksplorasi ruang angkasa.

"Di Bumi, perbatasan dibuka perlahan-lahan," tulis Pettit. "Teknologi berlayar dikenal dan maju selama lebih dari seribu tahun sebelum bumi dikelilingi." 

"Tindakan berani seperti ini membutuhkan teknologi, kemauan, dan keberanian untuk mengeksplorasi. Kadang-kadang Anda memilikinya, tetapi tidak yang lain. Saya hanya berharap bahwa upaya kecil saya di sini, mungkin menambahkan satu butir pasir ke pantai pengetahuan, akan membantu generasi mendatang untuk menyebut ruang angkasa adalah 'rumah'," lanjut Pettit.

Sepanjang misi mereka, Pettit dan Kuipers membagi foto bumi dari ruang angkasa melalui Twitter dan berbagi foto penerbangan melalui Flickr yang menakjubkan publik. Pettit juga secara teratur memperbarui blog tentang pengalamannya di stasiun ruang angkasa, termasuk beberapa puisi sebagai penghargaan bagi kehidupan di ruang angkasa.

Pettit juga menyimpan jurnal sebagai cara yang menyenangkan untuk mendokumentasikan kegiatan ilmiah pada pos orbit terdepan. Misalnya, Pettit menulis update blog dalam suara dari tanaman zucchini saat ia bereksperimen dengan berbagai jenis tanaman tumbuh di micro-gravity.

Kemudian, pada Jumat, 29 Juni, Pettit menulis sebuah puisi berjudul "Hari Terakhir di Ruang Angkasa," untuk merenungkan kenangan misi, pengalaman-pengalaman yang menggerakkannya, serta antisipasinya di atas saat melihat istri dan anak-anaknya lagi segera.

Selama berada di laboratorium yang mengorbit, tiga penjelajah ruang angkasa ini juga sempat menggelar sambutan untuk pesawat ruang angkasa komersial pertama yang mengunjungi stasiun, SpaceX.

Kapsul Dragon tak berawak SpaceX ini diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dalam penerbangan uji untuk menunjukkan kemampuan pesawat ruang angkasa yang mampu membawa kargo dari dan ke orbit rendah Bumi. Saat Dragon mendekati stasiun, Pettit dan Kuipers menggunakan lengan robotik terluar untuk menarik kapsul dari ruang angkasa dan memarkir secara manual hingga melakukan sesuatu yang kompleks.

Uji terbang yang berhasil meletakkan dasar bagi NASA untuk menggunakan pesawat ruang angkasa komersial untuk mengangkut kargo, dan satu hari astronot untuk stasiun ruang angkasa. SpaceX memegang kontrak US$ 1,6
miliar dengan NASA untuk 12 pesawat penerbangan pengiriman kargo tak berawak.

Kononenko menjabat sebagai komanda Expedition 31 selama ia tinggal di angkasa. Kemudian ia mengalihkan tanggung jawabnya ke sesama kosmonot Rusia, Gennady Padalka, dalam sebuah upacara perubahan komando resmi, Sabtu, 30 Juni 2012.

Keberangkatan Pettit, Kononenko dan Kuipers meninggalkan hanya tiga orang saat ini untuk menempati stasiun ruang angkasa sampai tiga awak baru diluncurkan ke kompleks pada 14 Juli. Padalka, astronot NASA Joe Acaba dan kosmonot Rusia Sergei Revin akan tetap di atas orbit terluar sampai September.


1 komentar:

Artikel Populer

Labels


Diberdayakan oleh Blogger.